Text
OPTIMIZED LEARNING STRATEGY
Belajar adalah proses perubahan dalam diri manusia. Karena itu, bila suatu usaha belajar sudah selesai dan tidak terjadi perubahan di dalam diri manusia, maka tidak dapat dikatakan bahwa telah terjadi proses belajar padanya. Belajar, sebagaimana halnya kegiatan-kegiatan lain, mengalami kendala lain yang bersifat internal dan eksternal. Agar beberapa kendalal itu tidak menghambat aktivitas belajar, maka perlu ditelusuri faktor-faktor penunjang keberhasilan belajar, yaitu kesungguhan dan usaha keras, bakat dan kecerdasan, kedisiplinan dan metode serta cara belajar. Buku ini membahas cara membangkitkan minat belajar, minat belajar harus selalu dijaga dan ditingkatkan dengan cara menelusuri cara meningkatkan minat belajar. Buku ini juga membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar seperti tujuan yang jelas, adanya tantangan, adanya tanggung jawab, kesempatan untuk maju dan kepemimpinan. Selain itu, dalam buku ini dibahas mengenai belajar efektif dan efisien dengan sub pokok bahasan : persiapan fisik untuk belajar, mengatur waktu dan tempat belajar dan gaya belajar efektif. Dalam buku ini juga dibahas tentang teknik-teknik membaca buku, yaitu teknik membaca terarah, membaca sepintas, membaca mencari, membaca belajar, membaca kritis, membaca dengan teknik 8 langkah, membaca dengan teknik 3-R, membaca dengan teknik OK5R, dan membaca dengan teknik SQ3R. Juga dibahas mengenai cara mengikuti kelas/kuliah dan membuat catatan. Mengikuti kelas atau perkuliahan merupakan kegiatan penting bahkan terpenting dalam aktivitas belajar karena disini peserta didik secara langsung memperoleh materi ilmu pengetahuan, ketrampilan , dan sikap secara terencana, teratur dan berkesinambungan. Kegiatan belajar mengajar tidak hanya membaca, menulis dan mengikuti ujian. Membuat karya ilmiah seperti paper/makalah, skrpsi, tesis dan disertasi termasuk pula belajar. Karena itu, dalam buku ini disajikan sekilas tentang teknik pembuatan dan penilaian karya ilmiah. Membaca buku ini berarti belajar untuk belajar. Yiatu berlatih mengubah diri dari kebiasaaan belajar yang tidak terarah dan kurang berdaya guna menuju kebiasaan belajar yang terarah dan membawa hasil guna (efektif dan efisien)
Tidak tersedia versi lain